Modifikasi Teknik LOT SIZING Dengan INCREMENTAL QUANTITY DISCOUNT Untuk enentukan DYNAMIC ORDER QUANTITY Pada DISCRETE DEMAND SYSTEM


Perencanaan system inventori dengan permintaan bersifat diskret bertujuan untuk dapat menyediakan produk pada waktu dan jumlah yang tepat sesuai dengan kebutuhan konsumen pada tingkat biaya sistem yang paling murah. Permintaan yang bersifat diskret terjadi pada interval waktu tertentu atau saat tertentu (point of time) sepanjang horizon perencanaan. Perencanaan system inventori dengan pola permintaan diskret memakai dasar logika Time phased Order point yang digunakan sebagai dasar dalam penentuan replenishment order dalam perencanaan kebutuhan Material(Material Requirement Planning) dan pada perencanaan kebutuhan distribusi (Distribution Requirement Planning).
* Permasalahan
adalah penentuan ukuran replenishment order (lot sizing) untuk planned order receipt yang dapat meminimumkan biaya total. Hal ini menyangkut suatu keputusan seberapa banyak order harus dipesan sehingga akan menyeimbangkan jumlah /frekuensi order dan banyaknya barang yang disimpan.
* Penyelesain
Dengan frekuensi order maka akan mempengaruhi besarnya biaya order (set-up cost) sedangkan banyaknya barang yang disimpan akan mempengaruhi besarnya biaya simpan (holding cost). Teknik lot sizing ditujukan agar total biaya dari kedua komponen ini minimal.
Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar